Idoling

Berita terkini dalam dunia VOCALOID:
Oleh Rizki Musthafa A.

Para Fans Hatsune Miku (karakter VOCALOID) meradang akibat pernyataan perusahaan game SEGA-Sammy yang akan menggunakan karakter kesayangan mereka ini dalam mesin slot pachinko (pachisuro) mereka.
Beberapa kalangan fans meyakini bahwa jika hal ini terlaksana, akan terjadi kemunduran nilai dari karakter Hatsune Miku sendiri, bahkan beberapa mengkhawatirkan kematian popularitas Hatsune Miku dalam jangka panjang, akibat dieksploitasi secara sembarangan. Pihak SEGA-Sammy sendiri justru mengharapkan karakter Miku akan semakin naik popularitasnya seiring dengan penggunaan karakter Miku dalam mesin slot pachinko (pachisuro). SEGA-Sammy melalui dalam rapat pemegang sahamnya yang dilangsungkan pada tanggal 19 Juni 2012 di Prince Park Tower, Tokyo. telah mengusung rencana ini namun masih belum menerima kata setuju dari pemegang hak cipta Hatsune Miku sendiri. Lebih lanjut kalangan fans yang menolak rencana ini pun menyatakan bahwa lebih baik lisensi Hatsune Miku dialihkan kepada perusahaan game yang lebih memperhatikan citra karakter, dan menggunakan Hatsune Miku dalam bentuk game yang lebih berguna, seperti misalnya game-game kinetis berbasis olah tubuh seperti yang diterbitkan oleh Nintendo.
Jika merunut ke belakang, pada tahun 2011, sebagian kalangan fans Hatsune Miku juga pernah digemparkan oleh cara kemunculan karakter kesayangan mereka dalam iklan Toyota Corolla. Dalam sebuah ilustrasi, Hatsune Miku digambarkan terkesan lebih ‘macho’, demikian sebuah situs forum otaku menyebutnya. Beberapa fans yang tidak begitu setuju Hatsune Miku ditampilkan dengan gaya Barat pun menuntut agar Miku dikembalikan ke dalam gaya aslinya yang ‘moe’, membuat Toyota kemudian merevisi sebuah ilustrasi poster untuk produknya tersebut.
Sebelumnya karakter Hatsune Miku juga telah digunakan di beberapa iklan yang diusung oleh nama-nama besar, misalnya Google Chrome (2011). Bahkan gambar Miku dari sekitar 13000 fans Akatsuki yang telah dikirimkan ke planet Venus lewat 3 buah plat logam penyeimbang pada pesawat tak berawak SOMESAT, Akatsuki (2009)[i]. Jika diperhatikan, prestasi Hatsune Miku yang meraih posisi sedemikian hebatnya dalam menggantikan karakter-karakter manusia seperti model atau artis lain (manusia) yang terkenal untuk mewakili suatu hasil karya menunjukkan bahwa terdapat daya tarik baru, yang membuat perusahaan ternama seperti Toyota menggunakan karakter moe seperti Hatsune Miku. Bisa jadi hal ini mengikuti karakter-karakter pendahulu Miku yang juga sukses di pasaran internasional, seperti Hello Kitty atau lebih lawas lagi, Mickey Mouse.
Dari sudut pandang ilmu budaya ataupun ekonomi kreatif, berbagai bentuk aksi dan reaksi dari para pelaku budaya tertentu layak dicermati. Perhatian, berbagai usaha melindungi, terbukanya kesempatan bagi para fans dari karakter tertentu untuk turut berbicara membela konten budaya yang mereka gemari, berhadapan dengan kepentingan bisnis bukanlah hal yang dapat dipandang sebelah mata. Prof. Nakamura Ichiya dalam bukunya Nihon Pop Power juga telah berbicara dan menampilkan penjualan karakter semacam ini sebagai salah satu unsur penopang ekonomi Jepang yang cukup besar (menghasilkan 1,624 Trilyun Yen pd. tahun 2004). Dapat dibuktikan ataukah tidak, keberadaan dan peran fans, sebagai bagian dari calon konsumen memang menjadi tolak ukur yang diperhitungkan. Baik bagi pelaku bisnis ataupun bagi kalangan masyarakat lain yang jelas melingkupi keseluruhan pihak yang bermain di ranah penjualan karakter ini. Sedikit menyinggung mengenai penjualan karakter, selain Miku, belakangan ini Toyota juga memasarkan produk dan jargon penggunaan SIM-nya menggunakan karakter anggota grup idol AKB 48 yang baru saja ‘lulus’, Atsuko Maeda sebagai pemeran Jaiko (Adik dari Takeshi Gouda, alias Giant) dalam iklan Toyota berseri episode ‘Doraemon’. Fans dari AKB 48 yang berasal dari berbagai kalangan bisa jadi juga merupakan sasaran utama yang diharapkan menjadi calon-calon pembeli.
Jadi, apakah yang akan dilakukan SEGA-Sammy selanjutnya sebagai perusahaan game yang hidupnya bergantung kepada fans karakter tertentu, dalam hal penjualan karakter?
-End-

http://logsoku.com/thread/hayabusa3.2ch.net/news/1340204649/
http://www.sankakucomplex.com/2012/06/20/miku-fan-outrage-sega-are-trying-to-rape-miku/ Jun 20, 2012 17:37 JST 
http://www.makonako.com/2012/06/2012-5.html: 萌 えスロは、中長期の中で検討していきたい。ここでどうするかという回答はしにくい。周囲の環境などを鑑みながら検討も課題にしていきたい。“初音ミクのパ チスロは、我々も本当にやりたい。やればかなりファンが付いてきていただける。版元が非常にコンサバな会社で、もうちょっと大事にやりたいと いうことで、まだパチンコパチスロは勘弁してくれと。もうちょっと時間をかけて口説いて、なんとか近い将来にはパチンコやパチスロに使っていきたいと思っ ている。今日現在は評価をしていただけないもののため、作れない状態”。 
http://togetter.com/li/323990 
Penggunaan karakter Hatsune Miku dalam iklan Toyota Corolla 
“Big dreams moves us. They inspire us to create. We sing songs about big dreams, we dream big dreams. And then you build big works of art. We also build compact works of art, and nothing is small about that. Introducing the new 2011 Toyota Corollla...” 
http://www.youtube.com/watch?v=uHWL-dRhoAc
SOMESAT akatsuki launch
http://www.youtube.com/watch?v=v0PdnkqC9mU
http://www.youtube.com/watch?v=oFYcd8EzC2w&feature=related
http://kanmisikou.net/lab/venus/ja/
http://wiki.nicotech.jp/nico_tech/index.php?HatsuneMiku_to_Venus
[i] http://www.itmedia.co.jp/news/articles/0910/08/news011.html

No comments:

Post a Comment